Wednesday, May 21, 2008

Google I/O 2008

Google sebagai 'penguasa' internet saat ini dalam beberapa tahun terakhir sangat aktif mengeluarkan API (Application Programming Interface) dan tools development yang beragam untuk berbagai layanannya seperti Ajax Search API, Google Data API (mencakup Google Docs, Picasa, dsbnya), Android untuk mobile computing, dan lain sebagainya. Yang teranyar adalah Google AppEngine dimana kita bisa menempatkan aplikasi web kita langsung di infrastruktur Google.

Dengan kemudahan, kreativitas dan antusiasme yang diciptakan oleh Google membuat banyak sekali programmer yang berlomba memanfaatkan segala fasilitas tersebut. Dan sebagai salah satu wujud kepedulian dan sebagai pengikat emosioal komunitas yang telah dibangun, tanggal 28-29 Mei 2008 ini Google mengadakan event besar : Google I/O. Event ini akan dilangsungkan di San Fransisco, Amerika Serikat.

Untuk mengikuti Google I/O ini tidaklah gratis, tetapi akan ada biaya sekitar $400 untuk kalangan umum dan $50 untuk para akademis. Boleh terbilang murah lah untuk event sebesar ini. Dan bonusnya jika Anda mendaftar, Anda akan mendapatkan account Google AppEngine yang saat ini dibatasi melalui antrian pendaftaran di situsnya.

Walau ingin sekali, sayangnya saya tidak bisa mengikuti event karena berbagai kendala. Padahal banyak sekali sesi menarik akan digelar, termasuk mengenai Google Docs dan Google AppEngine - dua proyek Google yang saat ini saya aktif mengembangkan aplikasi di atasnya.

Mudah-mudahan setelah perhelatan ini digelar, akan ada video seminarnya di YouTube. Dan bicara mengenai video, untuk Anda yang tertarik dengan pengembangan menggunakan Google Docs API, saya telah membuat satu video demo yang bisa Anda lihat disini. Demo ini menggunakan contoh dari Java Client API.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Saran dan kritikan bagi isi artikel blog ini dapat Anda sampaikan ke feris@komputasiawan.com.

Terima Kasih,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
http://www.phi-integration.com

No comments: