Friday, May 30, 2008

Google App Engine - Tanpa Antri Lagi !

Pada tanggal 28 Mei 2008 kemarin - bertepatan dengan dimulainya event Google I/O - ada pengumuman yang cukup menggembirakan bagi kita semua, Google membuka akses pendaftaran gratis untuk platform Google App Engine - tanpa perlu antri lagi !

Seperti diketahui, sebelumnya proses pendaftaran ini harus antri di daftar tunggu (waiting list) dan menunggu approval terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Kebetulan penulis sendiri cukup beruntung sudah bisa mendapatkan invitation selama kurang lebih sebulan yang lalu dan sangat terkesan dengan platform ini.

Bagi yang belum mengetahui Google App Engine, ini sebenarnya adalah platform pengembangan aplikasi web berbasis bahasa Python. Dan aplikasi web ini akan dijalankan di atas infrastruktur Google. Terbayang kan apa jadinya kemampuan aplikasi kita di atas platform ini ? Kencang abis pastinya !


Rencanya AppEngine ini akan keluar dalam 2 versi, gratis dan berbayar. Untuk versi gratis sudah diluncurkan sejak April kemarin dan ada batasan kapasitas ruang penyimpanan, bandwidth dan cpu. Lebih detailnya dapat pada screenshot berikut yang saya ambil dari dashboard aplikasi saya.



Versi berbayar sendiri belum tersedia tetapi direncanakan akan diluncurkan dalam tahun ini juga, hanya belum ada tanggal pastinya. Untuk skema harganya sendiri sudah dirilis bersamaan dengan pengumuman peluncuran dan menurut saya pricing nya cukup wajar - sekali lagi dengan pertimbangan kemampuan infrastruktur Google.

Bagi yang tertarik, berikut adalah info kisaran harganya :
  • $0.10 - $0.12 per CPU core-hour
  • $0.15 - $0.18 per GB-month of storage
  • $0.11 - $0.13 per GB outgoing bandwidth
  • $0.09 - $0.11 per GB incoming bandwidth
Sudah tidak sabar untuk bergabung dan mulai mengembangkan aplikasi ? Silahkan kunjungi appengine.google.com, daftarkan diri Anda dan ikuti proses verifikasinya - yang akan dikirimkan via sms. Untuk kelancaran pendaftaran, jangan gunakan nomor CDMA karena penulis mendapat keluhan dari beberapa teman yang coba mendaftar kalau sms verifikasi tidak pernah diterima.

Dan bagi teman-teman yang ingin mendiskusikan masalah Google App Engine ini, saya mengajak Anda untuk bergabung bersama di grup komputasi awan yang beralamat di http://groups.google.com/group/komputasi-awan.

Terima Kasih !

Feris Thia
Pemerhati Teknologi Cloud Computing
http://www.komputasiawan.com

Sumber Berita:
  1. Google App Engine Blog
  2. Thread posting peluncuran Google App Engine

2 comments:

komputasi google said...

Sayang sekali aku terlambat 2 tahun baru menemukan blog ini. Tapi google memang mantap, tidak hanya sebagai mesin pencari saja tapi layanan lainnya memang cukup memuaskan.

nuraeni said...

thank's info'a..